Ribuan Buruh di Morowali Gelar Aksi Mogok Kerja

Featured

Ribuan Buruh di Morowali Gelar Aksi Mogok Kerja

Kamis, 24 Januari 2019, 1/24/2019 04:49:00 PM
Aksi mogok kerja buruh di kawasan IMIP

OKSULSEL.COM,MOROWALI - Ribuan pekerja di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) menggelar aksi mogok kerja, di Kompleks IMIP Desa Fatufia, Kecamatan Bahidopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis 24/1/2019.

Massa mendesak pihak perusahaan dan Gubernur Sulteng untuk segera menetapkan UMSK. Ribuan buruh terus menyerukan agar seluruh buruh di kawasan IMIP melakukan mogok kerja selama belum ditetapkan UMSK sebesar 20 persen.

“Aksi mogok kerja dilakukan dengan alasan gagalnya kesepakatan yang terbangun antara pihak perusahaan, Serikat Pekerja/buruh dengan Dewan Pengupahan Kabupaten Morowali," kata Ketua SPN Kabupaten Morowali Katsaing.

Lebih jauh Katsaing mengatakan, sebelumnya perundingan telah dilakukan selama lima kali, namun kesepakatan antara Apindo, Serikat Pekerja/buruh tidak menemui kesepakatan penetapan UMSK Kabupaten Morowali tahun 2019 sebesar 20 persen.

"Kami menntut perusahaan segera membangun seluruh fasilitas yang layak sesuai dengan hak-hak karyawan dan menciptakan penegakan hukum dalam lingkup perusahaan yang adil dan beradab dengan mengedepankan harkat, martabat dan harga diri karyawan," katanya.

Aksi mogok kerja buntut dari keresahan tenaga kerja lokal di Morowali ulai bergejolak dengan adanya TKA asal China yang berperilaku semena-mena dan di gaji lebih besar dari gaji tenaga kerja lokal.

Laporan: Haeruddin
Editor: Risal

TerPopuler